Latest Updates

5 Tips membersihkan key piano

Key adalah salah satu bagian penting dari piano yang harus dijaga, karena tanpa key tidak akan ada suara piano. Melihat fungsinya yang begitu penting membersihkan key pun menjadi hal wajib yang harus dilakukan agar kalian tidak harus sering membeli piano. Jika belum tahu bagaimana cara merawat piano dengan baik dan benar ikuti tips dibawah ini:

a. Jangan gunakan pembersih furnitur
Pembersih furnitur memiliki bahan kimia amat keras yang  dapat menyebabkan tekstur key menjadi kasar dan berwarna. Gunakan sabun lembut diencerkan dengan air lalu saring dan gunakan cairan ini untuk membersihkan key.

b.Selalu gunakan kain lembut Ketika membersihkan key gunakanlah kain-kain lembut seperti katun, flanel, atau chamois. Hindari handuk berbahan keras apalagi menggunakan kertas koran. Jangan gunakan kain kering, basahi sedikit kain dan cara membersihkannya dari atas ke bawah. Membersihkan key dari sisi kiri ke kanan dapat menyebabkan embun yang bisa merembes diantara kunci dan menyebabkan kerusakan.

c.Bersihkan satu oktaf pada satu waktu
Keringkan segera sebelum pindah ke oktaf berikutnya.Hindari kain berwarna yang luntur saat dibasahi. Warna dapat dengan mudah merusak tombol putih dan menyebabkan perubahan warna yang sangat sulit untuk diperbaiki.

d.Selalu gunakan kain yang berbeda
Gunakanlah kain yang berbeda untuk setiap tombol karena kotoran dari salah satu tombol bisa berpindah ke tombol lain.

e.Basmi kuman piano
Jangan gunakan desinfektan semprot populer di tuts piano karena dapat  menghancurkan tekstur memungkinkan untuk kerusakan lebih lanjut, beli cairan khusus disinfektan di toko musik

0 Response to "5 Tips membersihkan key piano"

Posting Komentar