Latest Updates

3 tips memulai belajar musik jazz

Untuk seorang musisi pemula jazz merupakan gaya musik yang tampak menakutkan dan sulit untuk dipahami. Jika kalian berpikir sama, tenang kalian tidak sendiri karena ratusan pemula lain juga merasakan hal yang sama. Kalian mungkin pernah berada diruang konser musik jazz da tekagum-kagum melihat pertunjukkan mereka yang sangat menghibur dan megah lalu sejurus kemudian kalian bertanya-tanya bagaimana caranya menjadi seperti mereka.

Untuk keluar dari pertanyaan membinungkan ini terntu kalian harus tahu dulu rumus atau tahapan yang tepat dalam mempelajari musik ini, beli drum, gitar, keyboard, piano atau instrumen utama lainnya dan carilah jalan sendiri untuk menemukan komponen inti dari apa yang kalian butuhkan untuk mulai bermain jazz. Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa menjadi gambaran kalian mendalami musik jazz.

a. Mulai Dengan Belajar Beberapa standar Jazz
Belajar jazz benar-benar seperti belajar bahasa baru. Setiap kali kalian belajar kata baru, atau dalam bahasa musik berarti chord baru, atau skala baru, itu menjadi bagian dari kosakata yang kemudian dapat digunakan dalam kalimat. Tentu saja belajar "kata" baru penting untuk bahasa apapun tetapi jika kalian tidak tahu bagaimana membangun dan berbicara kalimat penuh itu akan selalu sulit untuk kalian berkomunikasi. Belajar lagu-lagu jazz cukup setara dengan ketika kita benar-benar mampu berbicara dalam sebuah kalimat. Setelah kalian tahu lagu maka kalian dapat menerapkan ide musik baru.
Jadi, langkah pertama adalah kalian harus menghabiskan beberapa waktu untuk belajar beberapa lagu jazz. Titik starter yang baik untuk setiap lagu baru adalah dengan hanya mulai dengan mempelajari melodi dan perubahan akord.

b. Tradisi Aural dan belajar Bahasa Jazz
Belajar bahasa jazz sebenarnya mirip dengan ketika belajar bahasa klasik, namun pendekatan dasar untuk belajar jazz berbeda dari klasik. Semua note yang ditulis dalam musik klasik bisa kalian baca dengan simbol yakni note itu sendiri atau akord, namun dalam jazz kalian hanya bisa belajar dengan mengandalkan kemampuan telinga untuk mendengar. Untuk melatih kemampuan telingan ini maka kalian sebaiknya menghabiskan waktu mencari tahu hal-hal yang kalian sukai, mulailah dengan lagu yang paling sederhana.

c. Konsep teori
Hal ini juga sangat berguna untuk menghabiskan waktu belajar lebih banyak tentang teori jazz. Pelajari beberapa progresi akord umum. Bahkan jika kalian bukan seorang pianist  pengetahuan akord akan sangat membantu. Pelajari beberapa akord jazz fundamental dan beberapa voicings chord. Kalian bahkan dapat mulai dengan mempelajari beberapa akord piano solo.

0 Response to "3 tips memulai belajar musik jazz"

Posting Komentar