Latest Updates

Sejarah Alat Musik Kecapi

Kecapi merupakan alat musik tradisional yang sudah dikenal sejak berabad-abad yang lalu, mulanya berasal dari Negeri Cina tetapi memiliki nama Ghuzeng. Alat musik kecapi umumnya dipakai untuk mengiringi lagu-lagu yang sifatnya lebih lembut dan mendayu. Kini, musik kecapi tidak hanya populer di negara asalnya saja, namun para pemusik tradisional di Indonesia juga sudah menggunakan kecapi sebagai alat musik daerah. Daerah sunda merupakan daerah dimana alat musik kecapi pertama kali terjamah oleh masyarakat Indonesia.

Baik Kacapi Suling yang menggunakan Kacapi Parahu maupun Kacapi Siter juga sering di pergunakan untuk mengiringi acara-acara yang khas di wilayah setempat seperti Narasi Sunda dalam acara Ngaras dan Siraman Panganten Sunda, Siraman Budak Sunatan, Siraman Tingkeban.

Saat penyajian musiknya, bagian kerangka irama musik sunda dimainkan oleh Kecapi, sedangkan bagian melodi lagunya di mainkan oleh alat musik lain seperti Suling, Biola atau Rebab. Adapun tangga nada atau laras yang dalam Karawitan Sunda di sebut dengan Surupan, ada pula yang disebut dengan Salendro, Pelog dan Sorog.

5 Responses to "Sejarah Alat Musik Kecapi"