Latest Updates

Belajar Bermain Gitar Sambil Bernyanyi

Beberapa pelajaran tentang bermain gitar sebagian mungkin sudah Anda ketahui, setidaknya chord-chord dasar dalam bermain alat musik gitar untuk mengiringi lagu sudah bisa kita praktikan dengan baik, dan inilah masa dimana kita akan mempelajari pelajaran yang lebih mendalam tentang  gitar.


Dalam bermain musik kita mengenal istilah ritma sebagai penentu tempo dalam permainan musik kita agar tidak terlalu cepat ataupun lambat, ada juga harmonisasi yaitu menjaga keselarasan antara alat musik yang satu dengan alat musik lainnya, pengiring dengan penyanyi dan semua yang terlibat dalam permainan musik harus selaras agar menghasilkan musik yang harmonis dan enak di dengar.

Tentu kedua hal tersebut merupakan hal yang wajib kita bisa jika ingin memperdalam pengetahuan musik kita, ada beberapa cara untuk mempelajari itu salah satunya mengasah feeling untuk menentukan nada lewat bernyanyi sambil bermain gitar dari sini kita bisa meningkatkan permainan gitar dalam hal feeling (merasakan nada), ritma dan harmonisasi.

Agak sulit memang bagi para pemula jika harus bermain gitar sambil bernyanyi seharusnya hal ini dibiasakan sejak awal demi melatih permainan gitar yang baik. Ada baiknya Anda mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk latihan bermain gitar sambil bernyanyi.

Mulailah dengan lagu yang kita sukai, dalam pemilihan lagu sebaiknya Anda pilih lagu yang bertempo lambat dahulu untuk memudahkan, kemudian carilah kunci gitar tersebut jika Anda sudah mengetahui kunci gitar tersebut maka mainkan gitar sambil menyanyikan lagu tersebut usahakan suara sesuai dengan nada gitar (tidak fals) nyanyikan lagu itu sambil bermain gitar secara berulang-ulang sampai lancar.

Lalu bagaimana dengan lagu yang dominan petikan gitar sebagai pengiring? Memang lagu yang memakai petikan sebagai pengiring lebih sulit karena kita dituntut untuk lebih berkonsestrasi, jari akan memetik senar demi senar sambil kita menyanyikan lagu, disarankan lancarkan terlebih dahulu nyanyian kita dengan iringan gitar seperti kocokan rythm biasa up/down setelah Anda berhasil mempraktikan bermain gitar dengan kocokan biasa sambil bernyanyi barulah Anda bisa mencobanya dengan petikan.

artikel lain : Tuning Bass Standar

0 Response to "Belajar Bermain Gitar Sambil Bernyanyi"

Posting Komentar