Latest Updates

Cara Merawat Gitar

Gitar adalah salah satu instrumen musik yang sangat penting. Namun memiliki harga lebih murah dibanding instrumen lainnya. Karena harganya yang murah, banyak yang menyepelekan perawatan instrumen yang satu ini, sehingga banyak gitaris yang terus menerus beli gitar, lantaran sering mendapati kerusakan pada gitarnya. Sebenarnya ada tips untuk menghindari terjadinya hal tersebut.

Pertama belilah case atau tas gitar. Tas berfungsi melindungi gitar anda dari debu dan gesekan bedan-beda lain, yang dapat mengancam kemulusan gitar anda. Kedua bersihkan secara rutin senar gitar anda dengan lap kaos basah. Ini penting dilakukan karena banyak gitaris tidak menyadari bahwa semakin sering dia bermain, semakin besar tingkat kerusakan disebabkan keringat yang dikeluarkan jari anda.

Jika tidak segera dibersihkan maka keringat akan membuat senar anda berkarat, walhasil gitarpun tak bisa lagi digunakan untuk mengiri lagu. Ketiga sesekali kendorkan senar gitar anda, hal tersebut perlu dilakukan jika anda tidak bermain gitar dalam waktu panjang. Senar yang jarang dimainkan akan membuat neck anda bengkok, jika neck anda bengkok maka membeli gitar baru adalah pilihan satu-satunya.

Perawatan keempat adalah tempatkan gitar dengan benar, bila perlu buatlah stand khusus untuk gitar anda. Metode ini efektif untuk menghindarkan gitar dan kebengkokan leher. Jangan menaruh gitar sembarangan, misalnya ada bebemenyamping atau malah tertelungkup karena hal tersebut bisa merusak senar anda. Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk merawat gitar anda.

0 Response to "Cara Merawat Gitar"

Posting Komentar