Latest Updates

Lebih Mudah Mana Belajar Gitar atau Drum?

Buat kalian yang memiliki kelebihan bisa memainkan banyak instrumen musik beruntunglah karena tidak harus melalui masa-masa sulit dan memakan waktu lama dan panjang untuk mempelajari lebih dari satu instrumen musik. Tapi bagaimana jika kalian adalah seorang pemula dan ternyata memiliki ketertarikan pada dua instrumen sekaligus yakni drum dan gitar? Mana yang harus dipilih untuk dipelajari?


Kedua instrumen ini sebenarnya sama-sama mudah dipelajari, yang membedakan hanyalah harganya. Jangan kaget ketika kalian beli gitar dan ternyata harganya lebih murah dari drum, gitar tidak membutuhkan banyak perangkat seperti halnya satu set drum. Itulah yang membuat harga drum begitu mahal. Tapi para pemusik yang sudah berpengalaman menyarankan untuk memilih drum saja karena bisa melatih pergerakan seluruh anggota tubuh.

Gitar juga tidak buruk untuk dipelajari lebih dini terutama karena instrumen ini cederung lebih mudah dipelajari, sedikit berbeda dengan drum yang membutuhkan keterampilan fisik dan praktek. Mayoritas kesulitan yang dialami para drummer pemula adalah pengembangan keterampilan fisik. Ada pemahaman divisi kompleks dan sifat pola budaya yang berbeda. Namun menurut beberapa orang hal itu lebih mudah daripada pemahaman tentang harmoni.

Pemahaman harmoni baru kalian senruh ketika sudah menguasasi sedikit keterampilan fisik pada gitar, studi tentang harmoni cukup kompleks sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk menguasainya. Jadi intinya permainan drum lebih membutuhkan keterampilan fisik sedangkan gitar lebih ke penguasaan mental yakni selama apakah kalian mampu mempelajari materi-materi sulit dan melakukan eksplorasi dengan senar yang begitu-begitu saja.

Sebenarnya baik gitar atau drum tidak ada yang lebih sulit atau mudah, sulit atau mudahnya permainan bergantung pada hasrat atau pilihan. Jika kalian memang lebih suka drum maka drum akan menjadi instrumen yang paling mudah dipelajari, sebaliknya jika lebih berhasrat menyentuh gitar maka instrumen petik inilah yang akan kalian anggap sebagai alat musik yang paling mudah untuk dimainkan.

2 Responses to "Lebih Mudah Mana Belajar Gitar atau Drum?"

  1. Lebih gampang gitar dibandingkan drum

    BalasHapus
  2. Kalau aku sih mudahkan giyar daripada drum..
    Aku juga nggak tau pendapat orang lain sih

    BalasHapus